Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian mutu pendidikan di tingkat dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). ANBK dirancang untuk menggantikan Ujian Nasional (UN), dengan fokus pada evaluasi kualitas pendidikan secara menyeluruh, baik kualitas madrasah ataupun individu siswanya.
Pelaksanaan ANBK di MA Mabadi’ul Ihsan dilaksanakan selama 2 hari, mulai pada tanggal, 6-7 Agustus 2025 yang Pelaksanaan asesmen literasi dan survei karakter berbasis komputer dilaksanakan di lab komputer MA Mabadi’ul Ihsan.
Pelaksanan ANBK berjalan dengan kondusif, didampingi dengan guru – guru yang memantau pelaksanaanya. Terselenggaranya ANBK ini juga langsung tersambung dengan jaringan atau pantauan Kemendikbud melalui webcame. Pelaksanaan ANBK ini menggunakan tiga instrumen utama:
1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa.
2. Survei Karakter: Mengukur aspek karakter siswa, seperti integritas, etika kerja, dan kerjasama sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
3. Survei Lingkungan Belajar: Mengevaluasi kondisi dan kualitas lingkungan belajar di sekolah. Tujuan ANBK adalah untuk memberikan potret mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan, serta menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk perbaikan kualitas pembelajaran dan pemantauan perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Kegiatan ANBK ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 11, pelaksanaan ANBK ini di bagi menjadi 2 sesi.
Usai terselenggaranya asesmen ini dapat menjadi acuan bagi sekolah, guru, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi demi terciptanya pendidikan yang lebih merata, inklusif, dan berkualitas. Partisipasi aktif dari seluruh elemen pendidikan sangat dibutuhkan agar tujuan ANBK sebagai alat diagnosis dan perbaikan mutu benar-benar dapat tercapai.
Sehingga dapat disimpulkan kegiatan ANBK ini bertujuan tidak hanya perbaikan pada lingkungan sekolah melainkan kepada individu siswa sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.
Writer : Firyal Naila R (@firyalnailaa)
Editor : Farisya Firsty ( @fafirst.s )


